Home » » Sekolah SMKN 1 Cianjur

Sekolah SMKN 1 Cianjur

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Cianjur  merupakan sekolah kejuruan di bidang Bisnis Manajemen dan Teknik Informatika yang menciptakan wirausahawan-wirausahawan junior yang cakap dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri dan kompetitif dalam menghadapi era globalisasi dunia.
SMK Negeri 1 Cianjur melaksanakan kegiatan pembelajaran di dua lokasi yaitu Lokasi Utama di jalan Siliwangi No. 41 Cianjur, dan Lokasi 2 di Jalan Pangeran Hidayatuloh yang terletak  kurang lebih 1 KM, dari lokasi pertama. Lokasi SMK Negeri 1 Cianjur yang berdiri tahun 2008 ini, sangat strategis karena dilalui oleh jalur Angkutan Kota (Angkot) dan terletak di Pusat Kota yang berdekatan dengan Pemerintahan Daerah (PEMDA). Pusat keramaian ini merupakan Asset untuk Pengembangan Bisnis Center karena SMK Negeri 1 Cianjur ini berbasis kewirausahaan. Dengan Slogan SMKN 1 Cianjur,  kita wujudkan “THE RIGHT PLACE TO GET SUCCESS FOR THE FUTURE
SMK Negeri 1 Cianjur merupakan sekolah kejuruan negeri berbasis Bisnis dan Teknologi Informasi di Cianjur yang menghasilkan lulusan dengan memiliki pengetahuan, keterampilan dan nilai sikap yang terintegrasi serta kecapakan kerja dalam bidangnya. Dengan Visi : Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi standar nasional serta akhlak terpuji” serta dengan   Misi : Menyelenggarakan diklat dengan prinsip kemampuan dan profesionalisme melalui optimalisasi kerja sama industri dalam rangka meningkatkan mutu serta daya saing lulusan.
Sekolah ini merupakan sekolah yang lebih banyak menerapkan pola pendidikan pada Program Keahlian. Sehingga banyak melahirkan lulusan yang memiliki tenaga keahlian dibidang yang sesuai dengan jurusan yang dipelajarinya. Seperti tenaga terampil di bidang  Staff Administrasi, Resepsionis, Operator telepon, Asisten sekretaris dan dalam pelaksanaan uji kompentesi bekerja sama dengan Asosiasi Profesi Ikatan Sekretaris Indonesia Jawa Barat.
Dari hasil didikan yang diberikan kepada siswanya, hasilnya cukup menggembirakan dengan meraih prestasi Juara 4 pada ajang Lomba Kompetensi Siswa tingkat Provinsi Jabar,  dan pada ajang yang sama di tingkat Kabupaten Cianjur sebagai Juara I dari tahun 1990-2009. Dengan ruang lingkup kompetensi , berkomunikasi lisan dan tertulis, serta menguasai Teknologi Informasi, mengelola surat dokumen dan mengelola administrasi keuangan. Serta ruang liingkup kerja, staf administrasi, resepsionist, operator telepon dan asisten sekretaris. Dengan mengedepankan, charity, elegant, religious, industrious dan actractive.
Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Kompetensi, Perangkat Keras (Hardware) dan Jaringan (Networking) dengan lingkup kerrja terdri dari, Hardware House, Penyelenggaraan Jasa Internet, Perkantoran yang menggunakan peralatan computer, aneka industri yang berbasis peralatan computer dan Wiraswasta dibidang perangkat keras. Dengan semboyan, Terampil, Edukatif, Genius, Agamis dan Rajin.
          Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) terdiri dari kompetensi yaitu, Stand Alone Programmer, Multi user program dan Web programmer. Yang memiliki lingkup kerja seperti, Software House, Penyelenggara jasa internet, Perkantoran yang menggunakan peralatan computer, Aneka industri yang berbasis peralatan computer dan Wiraswasta dibidang perangkat lunak. Dengan semboyan Sehat, Mandiri, Artistik, Rajin dan terampil.
Pemasaran (PS), kompetensi pada  Mengoperasikan mesin-mesin bisnis, Menyusun Rencana dan Strategi Pemasaran dan Pemasaran Barang dan Jasa. Dengan ruang lingkup meliputi, Pramuniaga, Administrasi Pergudangan, Pengepakan Barang, Tenaga Penjualan, Tenaga Pemasaran dan Wirausaha. Dengan semboyan, Berbudi, Empati, Rasional, Aktif, Nyaman dan Inovatif.
Akuntansi (AK) dengan memberikan program keahlian khusus di bidang akutansi melalui tahapan program yang diberikan seperti, tahun pertama mengerjakan siklus akuntansi perusahaan jasa, tahun kedua mengerjakan siklus akuntansi perusahaan dagang, tahun ketiga mengerjakan siklus akuntansi menggunakan computer dan dalam pelaksanaan uji kompetensi bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Barat.
Memiliki  Kompetensi terdiri dari , Mengelola Transaksi Keuangan, Mengerjakan Jurnal, Mengerjakan Buku Besar dan Mengerjakan Siklus Akuntansi. Sedangkan luang lingkup kerjanya terdiri dari, Bagian Keuangan di Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur dan Berwirausaha. Dengan semboyan,  Religious, Attitude, Profesional, Intelligent dan Honnest.
Fasilitas yang dimiliki SMKN I Cianjur dalam menunjang berbagai kegiatan mengajar di sekolah telah memiliki berbagai sarana penunjang seperti, ketersediaanya  Lab Komputer sebanyak 5 lab, Lab Bahasa Inggris sebanyak 1 lab, Lab Mengetik sebanyak 2 lab, Perpustakaan, Mushola, Bank Mini, Pertokoan, Kantin Nyaman, Bisnis Center dan Mandiri Multimedia Center
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda yang merupakan inovasi pada program SMK dimana peserta didik melakukan praktek kerja (magang) di perusahaan atau industri yang merupakan bagian integral dari proses pendidikan dan pelatihan di SMK. Pendidikan Sistem Ganda (PSG) diilhami oleh dua system (dual system) yang dilakukan di Jerman.
Mitra  Kerjasama Prakerin seperti dengan, PT. TELKOM Tbk, PT. POS Cianjur, Kantor yang berada di lingkungan Pemkab Cianjur seperti (Bapeda, Dispenda, Disnakertrans, Binamarga, Sekda, Dinas Kesehatan dll), KOPEGTEL Cianjur, Kantor Kemenag Cianjur, Kantor Pajak Pratama Cianjur, dll.
               
Bank Mini Mandiri
        Unit  Produksi memiliki, Bank Mini Mandiri, yang sudah berjalan sejak tahun 2002, sangat direspon positif setiap warga yang ada di lingkungan sekolah, dengan  animo yang  demikian tinggi untuk menabung; sehingga saat ini jumlah total tabungan kurang sudah mencapai ratusan juta rupiah.  Bank Mini juga  sejak tahun 2004 telah melaksanakan program pemberian kredit pinjaman kepada Guru & TU SMK Negeri 1 Cianjur dan pemberian kredit usaha kepada orang tua/wali siswa.  Pengelolaan Bank Mini  sepenuhnya ditangani oleh siswa kelas 2 dan 3 program Akuntansi sebagai sarana praktek nyata pengelolaan Bank dan sebagai pembina Bank adalah BNI 46 Cab. Cianjur.
         Pertokoan,  Toko Sekolah menyediakan kebutuhan warga sekolah berupa alat tulis kantor (ATK) dan berfungsi juga sebagai kantin sekolah. Dalam pengelolaanya toko di bantu oleh siswa kelas 1 sebagai sarana praktek pelayanan prima. Produk makanan yang dijual adalah buatan orang tua siswa dan sebagian lagi dari pihak luar. Serta sejak tahun 2001 telah melakukan direct selling Bina Usaha Mandiri dan mampu bekerja sama deng selling bian perusahaan besar seperti PT. Avon; PT. Danone dan PT Sayap Mas Utama.
Disamping itu juga, SMKN 1 Cianjur sejak tahun 2000 telah memiliki LPK BINA PRESTASI MANDIRI dan telah memiliki ijin resmi. Program kursus yang dibuka di antaranya :  Akuntansi, Mengetik, Komputer dan Bahasa Inggris. Kemudian ada studio multimedia (Mandiri Multimedia Center), Bisnis Center dan Kantin Nyaman.
             Mengenai berbagai prestasi yang telah diraih SMKN 1 Cianjur sejak tahun 2003 antara lain,  Juara I : Speak Contest, Juara II : Joged Komando (dua kali juara berturut-turut),  Juara III: LPBB (Lomba Persatuan Baris Berbaris) dan Juara IV : Tari Tradisional. Pada tahun 2007 Komite 53 Kg Putri Tingkat SMA Karate Inkai Juara 1, Lomba Kompetensi Siswa SMK juara 1, Pembuatan WEB (Design WEB), juara I, Debata Bahasa Inggris Juara I, Asah Terampil Bahasa Inggris SMA/SMK Juara I, Lomba LTUB Komponen SMA Juara I, dll pada  Tingkat Kabupaten Cianjur.

Pada tingkat Provinsi Jabar, The Best Speaker Bahasa Inggris Juara II, Lomba Kopetensi Siswa SMK Juara III dan Lomba Administrasi Perkantoran Juara Harapan I Tingkat Provinsi Jabar. Serta berbagai kejuaran yang tidak diuaraikan satu persatu sampai dengan pertengahan 2011.  (Engkus/Karimah)

Ditulis Oleh : Rizki ~Dunia Belajar

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Sekolah SMKN 1 Cianjur yang ditulis oleh Dunia Belajar Dan silahkan untuk meng-copy paste supaya artikel ini bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih sudah benkunjung.

Blog, Updated at: 23.03

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014. Dunia Belajar - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top